Jumat, 11 Januari 2019

Kompetensi Dasar Memahami prosedur perawatan komputer secara berkala Menyajikan hasil perawatan komputer secara berkala

  1. 1. SILABUS MATA PELAJARAN PERAKITAN KOMPUTER (DASAR PROGRAM KEAHLIAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI) Satuan Pendidikan : SMK / MAK Kelas : X Kompetensi Inti KI-1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya. KI-2. Menghayati dan Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia. KI-3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah. KI-4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik dibawah pengawasan langsung. Kompetensi Dasar Materi Pokok Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar 1.1 Memahami nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya 1.2 Mendeskripsikan kebesaran Tuhan yang menciptakan berbagai sumber energi di alam 1.3 Mengamalkan nilai-nilai
  1. 2. Kompetensi Dasar Materi Pokok Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar keimanan sesuai dengan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari 2.1. Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu;objektif;jujur; teliti;cermat;tekun;hati- hati;bertanggung jawab; terbuka;kritis;kreatif; inovatifdan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi 2.2. Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
  1. 3. Kompetensi Dasar Materi Pokok Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar 3.1. Memahami perkembangan teknologi komputer 4.1. Menyajikan data hasil pengamatan terhadap perkembangan teknologi komputer Perkembangan Teknologi Komputer  Generasi komputer sebelum tahun 1940  Generasi komputer sesudah tahun 1940 Mengamati Mengamati komputer dari beberapa generasi. Menanya  Mendiskusikan generasi komputer sebelum tahun 1940  Mendiskusikan generasi komputer sesudah tahun 1940 Mengeksplorasi  Mengeksplorasi generasi komputer sebelum tahun 1940  Mengeksplorasi generasi komputer sesudah tahun 1940 Mengasosiasi Membuat kesimpulan tentang teknologi komputer dari beberapa generasi. Mengkomunikasikan Menyampaikan hasil tentang pelbagai teknologi komputerdari beberapa generasi T ugas Mengklasifikasikan komputer dari beberapa generasi. Observasi Mengamati kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan checklist lembar pengamatan atau dalam bentuk lain Portofolio  Hasil kerja mandiri/kelompok  Bahan Presentasi T es Essay , pilihan ganda 4JP ITE Ver 3.1 Cisco Networking Academy Program. 3.2. Memahami komponen perangkat input dan Komponen Perangkat Input dan Output Mengamati Mengamati komponen perangkatinput T ugas Membuat laporan pelbagai 8JP ITE Ver 3.1 Cisco Networking Academy Program.
  1. 4. Kompetensi Dasar Materi Pokok Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar output 4.2. Menyajikan data hasil pengamatan terhadap berbagai komponen perangkat input dan output  Perangkat Input  Perangkat Output dan output Menanya  Mendiskusikan pelbagai perangkat input  Mendiskusikan pelbagai perangkat output Mengeksplorasi  Mengekspolasi perangkat input  Mengekspolasi perangkat output Mengasosiasi Membuat kesimpulan tentang pelbagai perangkat input dan output Mengkomunikasikan Menyampaikan hasil pelbagai perangkat input dan perangkat output perangkat input dan output. Observasi Mengamati kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan checklist lembar pengamatan atau dalam bentuk lain Portofolio  Hasil kerja mandiri/kelompok  Bahan Presentasi T es Essay , pilihan ganda 3.3. Memahami komponen perangkat proses dan media penyimpan 4.3. Menyajikan data hasil Perangkat Proses dan Media Penyimpan  Perangkat proses dan komponen pendingin Mengamati Mengamati perangkat proses dan media penyimpan T ugas  Membuat laporan pelbagai perangkat proses dan komponen pendingin 8JP ITE Ver 3.1 Cisco Networking Academy Program.
  1. 5. Kompetensi Dasar Materi Pokok Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar pengamatan terhadap berbagai komponen perangkat proses dan media penyimpan  Perangkat media penyimpan internal dan eksternal Menanya  Mendiskusikan pelbagai perangkat proses dan komponen pendingin  Mendiskusikan pelbagai perangkat media penyimpan internal dan eksternal Mengeksplorasi  Mengekspolasi perangkat proses dan komponen pendingin  Mengekspolasi perangkat media penyimpan internal dan eksternal Mengasosiasi Membuat kesimpulan tentang perangkat proses dan media penyimpan Mengkomunikasikan Menyampaikan hasil pelbagai perangkat proses dan media penyimpan  Membuat laporan pelbagai perangkat media penyimpan internal dan eksternal Observasi Mengamati kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan checklist lembar pengamatan atau dalam bentuk lain Portofolio  Hasil kerja mandiri/kelompok  Bahan Presentasi T es Essay , pilihan ganda 3.4. Memahami peta tata letak komponen komputer 4.4. Melakukan pembuatan peta tata letak komponen komputer. T ata Letak Komponen Komputer  Pengenalan Motherboard  Tata letak komponen pada motherboard Mengamati Mengamati tata letak komponen komputer Menanya T ugas  Membuat laporan pelbagai jenis motherboard  Membuat laporan tata letak komponen pada 8JP ITE Ver 3.1 Cisco Networking Academy Program.
  1. 6. Kompetensi Dasar Materi Pokok Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar  Konfigurasi motherboard  Jumper pada motherboard  Mendiskusikan pelbagai jenis motherboard  Mendiskusikan tata letak komponen pada motherboard  Mendiskusikan proses konfigurasi motherboard  Mendiskusikan posisi jumper pada motherboard Mengeksplorasi  Mengekspolasi pelbagai jenis motherboard  Mengekspolasi tata letak komponen pada motherboard  Mengeksplorasi konfigurasi motherboard  Mengeksplorasi posisi jumper pada motherboard Mengasosiasi Membuat kesimpulan tentang tata letak komponen komputer Mengkomunikasikan Menyampaikan hasil tentang tata letak komponen komputer motherboard  Membuat laporan konfigurasi motherboard  Membuat laporan posisi jumper pada motherboard Observasi Mengamati kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan checklist lembar pengamatan atau dalam bentuk lain Portofolio  Hasil kerja mandiri/kelompok  Bahan Presentasi T es Essay , pilihan ganda 3.5. Memahami jenis – jenis casing komputer 4.5. Menyajikan hasil klasifikasi casing komputer Casing Komputer  Jenis – jenis casing komputer  Power supply dan jenis konektor Mengamati Mengamati pelbagai jenis casing komputer Menanya  Mendiskusikan pelbagai jenis casing T ugas  Membuat laporan pelbagai jenis casing komputer  Membuat laporan tentang power supply dan pelbagai jenis konektor 4JP ITE Ver 3.1 Cisco Networking Academy Program.
  1. 7. Kompetensi Dasar Materi Pokok Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar komputer  Mendiskusikan power supply dan pelbagai jenis konektor Mengeksplorasi  Mengekspolasi pelbagai jenis casing komputer  Mengekspolasi power supply dan pelbagai jenis konektor Mengasosiasi Membuat kesimpulan tentang casing komputer Mengkomunikasikan Menyampaikan hasil pelbagai jenis casing komputer Observasi Mengamati kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan checklist lembar pengamatan atau dalam bentuk lain Portofolio  Hasil kerja mandiri/kelompok  Bahan Presentasi T es Essay , pilihan ganda 3.6. Memahami peralatan dan bahan yang digunakan dalam perakitan komputer 4.6. Menyajikan hasil klasifikasi peralatan dan bahan yang digunakan Peralatan Dan Bahan  Peralatan perakitan  Bahan untuk perakitan Mengamati Mengamati pelbagai jenis peralatan dan bahan untuk perakitan Menanya  Mendiskusikan pelbagai jenis peralatan perakitan T ugas  Membuat laporan pelbagai jenis peralatan perakitan  Membuat laporan pelbagai jenis bahan untuk perakitan 8JP ITE Ver 3.1 Cisco Networking Academy Program.
  1. 8. Kompetensi Dasar Materi Pokok Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar dalam perakitan komputer  Mendiskusikan pelbagai jenis bahan untuk perakitan Mengeksplorasi  Mengekspolasi pelbagai jenis peralatan perakitan  Mengekspolasi pelbagai jenis bahan untuk perakitan Mengasosiasi Membuat kesimpulan tentang peralatan dan bahan untuk perakitan Mengkomunikasikan Menyampaikan hasil pelbagai jenis peralatan dan bahan untuk perakitan Observasi Mengamati kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan checklist lembar pengamatan atau dalam bentuk lain Portofolio  Hasil kerja mandiri/kelompok  Bahan Presentasi T es Essay , pilihan ganda 3.5. 3.7. Memahami tempat dan keselamatan kerja 4.7. Menyajikan hasil kebutuhan tempat dan keselamatan kerja T empat dan Keselamatan Kerja  Prinsip keselamatan dan keamanan kerja  Pengenalan tempat kerja  Peralatan keselamatan kerja Mengamati Mengamati tempat dan keselamatan kerja Menanya  Mendiskusikan prinsip keselamatan dan keamanan kerja  Mendiskusikan tempat kerja  Mendiskusikan perlatan keselamatan kerja T ugas  Membuat laporan prinsip keselamatan dan keamanan kerja  Membuat laporan kondisi tempat kerja  Membuat laporan pelbagai peralatan keselamatan kerja 4JP ITE Ver 3.1 Cisco Networking Academy Program.
  1. 9. Kompetensi Dasar Materi Pokok Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar Mengeksplorasi  Mengekspolasi prinsipkeselamatan dan keamanan kerja  Mengekspolasi tempat kerja  Mengeksplorasi peralatan keselamatan kerja Mengasosiasi Membuat kesimpulan tentang tempat dan keselamatan kerja Mengkomunikasikan Menyampaikan hasil pengamatan terhadap tempat dan keselamatan kerja Observasi Mengamati kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan checklist lembar pengamatan atau dalam bentuk lain Portofolio  Hasil kerja mandiri/kelompok  Bahan Presentasi T es Essay , pilihan ganda 3.8. Memahami prosedur bongkar pasang komputer 4.8. Menyajikan hasil bongkar pasang komputer Prosedur Bongkar Pasang Komputer  Prosedur membongkar komputer dan inventarisasi komponen komputer  Prosedur pemasangan komponen CPU, RAM dan pendingin pada motherboard  Prosedur pemasangan motherboard pada kotak komputer, pemasangan Mengamati Mengamati tentang prosedur bongkar pasang komputer Menanya Mengajukan prosedurbongkar pasang komputer Mengeksplorasi  Mengeksplorasi prosedur membongkar komputer dan inventarisasi komponen komputer T ugas  Menyelesaikan masalah tentang prosedur bongkar pasang komputer dan inventarisasi komponen komputer  Menyelesaikan masalah tentang prosedur pemasangan komponen CPU, RAM dan pendingin pada motherboard  Menyelesaikan masalah 20JP ITE Ver 3.1 Cisco Networking Acaddemy Program
  1. 10. Kompetensi Dasar Materi Pokok Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar led, keylock, speaker, harddisk, floppy, cd dan DVD room  Prosedur pemasangan kartu jaringan, kartu video dan kartu suara  Prosedur pemasangan konektor ke perangkat input dan output  Mengeksplorasi prosedur pemasangan komponen CPU, RAM dan pendingin pada motherboard  Mengeksplorasi pemasangan motherboard pada kotak komputer, pemasangan led, keylock, speaker, harddisk, floppy, cd dan DVDroom  Mengeksplorasi pemasangan kartu jaringan, kartu video dan kartu suara  Mengeksplorasi pemasangan konektor ke perangkat input dan output Mengasosiasi Membuat kesimpulan tentang prosedur bongkar pasang komputer Mengkomunikasikan Menyampaikan hasil perkembangan tentang prosedur bongkar pasang komputer tentang prosedur pemasangan motherboard pada kotak komputer, pemasangan led, keylock, speaker, harddisk, floppy, cd dan DVD room  Menyelesaikan masalah tentang prosedur pemasangan kartu jaringan, kartu video dan kartu suara  Menyelesaikan masalah tentang prosedur pemasangan konektor ke perangkat input dan output Observasi Mengamati kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan checklist lembar pengamatan atau dalam bentuk lain Portofolio  Membuat laporan tentang hasil kerja mandiri/kelompok  Bahan Presentasi T es Pilihan Ganda, Essay 3.9. Memahami konfigurasi BIOS 4.9. Menyajikan hasil konfigurasi BIOS Konfigurasi BIOS  Pengenalan booting pada komputer  Konfigurasi BIOS dan Mengamati  Mengamati tentang konfigurasi BIOS Menanya  Mengajukan pertanyaan terkait T ugas  Membuat laporan tentang booting pada komputer 8JP ITE Ver 3.1 Cisco Networking Acaddemy Program
  1. 11. Kompetensi Dasar Materi Pokok Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar CMOS pengenalan booting pada komputer  Mengajukan pertanyaan terkait konfigurasi BIOS dan CMOS Mengeksplorasi  Mengeksplorasi pengenalan booting pada komputer  Mengeksplorasi konfigurasi BIOS dan CMOS Mengasosiasi Membuat kesimpulan tentang konfigurasi BIOS Mengkomunikasikan Menyampaikan hasil diskusi tentang konfigurasi BIOS  Menyelesaikan masalah tentang konfigurasi BIOS Observasi Mengamati kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan checklist lembar pengamatan atau dalam bentuk lain Portofolio  Membuat laporan tentang hasil kerja mandiri/kelompok  Bahan Presentasi T es Pilihan Ganda, Essay 3.10. Memahami prosedur pengujian hasil perakitan 4.10. Menyajikan hasil pengujian hasil perakitan Prosedur Pengujian Hasil Perakitan  Pengenalan jenis beep code  Pengecekan perangkat input, proses, output dan media penyimpan pada BIOS Mengamati Mengamati tentang prosedur pengujian hasil perakitan Menanya  Mengajukan pertanyaan terkait jenis beep code  Mengajukan pertanyaan pengecekan perangkat input, proses, output dan media penyimpan pada BIOS Mengeksplorasi  Mengeksplorasi terkait jenis beep code  Mengeksplorasi pengecekan perangkat input, proses, output dan media penyimpan pada BIOS Mengasosiasi Membuat kesimpulan tentang prosedur T ugas  Membuat laporan tentang jenis beep code  Menyelesaikan masalah tentang pengecekan perangkat input, proses, output dan media penyimpan pada BIOS Observasi Mengamati kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan checklist lembar pengamatan atau dalam bentuk lain Portofolio  Membuat laporan tentang 8 JP ITE Ver 3.1 Cisco Networking Acaddemy Program
  1. 12. Kompetensi Dasar Materi Pokok Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar pengujian hasil perakitan Mengkomunikasikan Menyampaikan hasil diskusi tentang prosedur pengujian hasil perakitan hasil kerja mandiri/kelompok  Bahan Presentasi T es Pilihan Ganda, Essay 3.11. Memahami prosedur instalasi sistem operasi berbasis GUI 4.11. Menyajikan hasil instalasi sistem operasi berbasis GUI Prosedur Instalasi Sistem Operasi Berbasis GUI  Jenis sistem operasi  Instalasi dan konfigurasi dasar sistem operasi Mengamati Mengamati tentang prosedurinstalasi sistem operasi berbasis GUI Menanya  Mengajukan pertanyaan terkait jenis sistem operasi  Mengajukan pertanyaan tentang instalasi dan konfigurasi dasar sistem operasi Mengeksplorasi  Mengeksplorasi jenis sistem operasi  Mengeksplorasi tentang instalasi dan konfigurasi dasar sistem operasi Mengasosiasi Membuat kesimpulan tentang prosedur instalasi sistem operasi berbasis GUI Mengkomunikasikan Menyampaikan hasil diskusi terkait T ugas  Membuat laporan tentang jenis system operasi  Menyelesaikan proses instalasi dan konfigurasi dasar sistem operasi Observasi Mengamati kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan checklist lembar pengamatan atau dalam bentuk lain Portofolio  Membuat laporan tentang hasil kerja mandiri/kelompok  Bahan Presentasi T es 8 JP ITE Ver 3.1 Cisco Networking Acaddemy Program
  1. 13. Kompetensi Dasar Materi Pokok Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar prosedur instalasi sistem operasi berbasis GUI Pilihan Ganda, Essay 3.12. Memahami prosedur instalasi peripheral 4.12. Menyajikan hasil instalasi peripheral Prosedur Instalasi Periferal  Jenis-jenis peripheral  Instalasi dan pengujian berbagai peripheral Mengamati Mengamati tentang prosedur instalasi periferal Menanya  Mengajukan pertanyaan terkait jenis- jenis peripheral  Mengajukan pertanyaan tentang instalasi dan pengujian berbagai peripheral Mengeksplorasi  Mengeksplorasi terkait jenis-jenis peripheral  Mengeksplorasi instalasi dan pengujian berbagai peripheral Mengasosiasi Membuat kesimpulan tentang prosedur instalasi periferal Mengkomunikasikan Menyampaikan hasil diskusi tentang prosedur instalasi periferal T ugas  Membuat laporan tentang pelbagai jenis peripheral  Menyelesaikan proses instalasi dan pengujian berbagai peripheral Observasi Mengamati kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan checklist lembar pengamatan atau dalam bentuk lain Portofolio  Membuat laporan tentang hasil kerja mandiri/kelompok  Bahan Presentasi T es Pilihan Ganda, Essay 8 JP ITE Ver 3.1 Cisco Networking Acaddemy Program
  1. 14. Kompetensi Dasar Materi Pokok Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar 3.13. Memahami prosedur instalasi program aplikasi 4.13. Menyajikan hasil instalasi program aplikasi Prosedur Instalasi Program Aplikasi  Jenis-jenis program aplikasi  Instalasi dan pengujian berbagai program aplikasi Mengamati Mengamati prosedur instalasi program aplikasi Menanya  Mengajukan pertanyaan terkait jenis program aplikasi  Mengajukan pertanyaan tentang instalasi dan pengujian berbagai program aplikasi Mengeksplorasi  Mengeksplorasi jenis -jenis program aplikasi  Mengeksplorasi instalasi dan pengujian berbagai program aplikasi Mengasosiasi Membuat kesimpulan tentang prosedur instalasi program aplikasi Mengkomunikasikan Menyampaikan hasil diskusi terkait prosedur instalasi program aplikasi T ugas  Membuat laporan tentang pelbagai jenis program aplikasi  Menyelesaikan proses instalasi program aplikasi Observasi Mengamati kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan checklist lembar pengamatan atau dalam bentuk lain Portofolio  Membuat laporan tentang hasil kerja mandiri/kelompok  Bahan Presentasi T es Pilihan Ganda, Essay 8JP ITE Ver 3.1 Cisco Networking Acaddemy Program
  1. 15. Kompetensi Dasar Materi Pokok Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar 3.14. Memahami prosedur instalasi program utilit 4.14. Menyajikan hasil instalasi program utility Prosedur Instalasi Program Utility  Jenis-jenis program utility  Instalasi dan pengujian berbagai program utility Mengamati Mengamati prosedur Instalasi pelbagai Program Utility Menanya  Mendiskusikan ragam program utility dan kegunaannya  Mendiskusikan tentang prosedur Instalasi pelbagai program utility Mengeksplorasi  Mengeksplorasi prosedurInstalasi pelbagai program utility  Menguji hasil instalasi pelbagai program utility Mengasosiasi Membuat kesimpulan prosedur instalasi program utility. Mengkomunikasikan Menyampaikan hasil tentang pelbagai komputer dari beberapa generasi T ugas Melakukan instalasi program utility komputer. Observasi Mengamati kegiatan diskusi, instalasi dan pengujian program utility komputer dengan checklist lembar pengamatan atau dalam bentuk lain Portofolio  Laporan hasil instalasi dan pengujian program utility  Bahan Presentasi T es Essay , pilihan ganda 8JP ITE Ver 3.1 Cisco Networking Academy Program. .
  1. 16. Kompetensi Dasar Materi Pokok Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar 3.15. Memahami proses backup dan restore sistem 4.15. Menyajikan hasil backup dan restore sistem Backup dan Restore sistem  Prosedur backup  Prosedur restore Mengamati  Mengamati prosedur backup sistem  Mengamati prosedur restore sistem Menanya  Mendiskusikan prosedur backup sistem  Mendiskusikan prosedur restore sistem Mengeksplorasi  Mengeksplorasi dan menerapkan prosedur backupsistem  Mengeksplorasi dan menerapkan prosedur restore sistem ` Mengasosiasi  Membuat kesimpulan tentang backup sistem  Membuat kesimpulan tentang restore sistem Mengkomunikasikan  Mempresentasikan hasil backup sistem  Mempresentasikan hasil backup sistem T ugas  Melakukan backup dan restore sistem.  Membuat laporan backup dan restore sistem. Observasi Mengamati kegiatan diskusi tentang penerapan prosedur backup da restore sistem komputer dengan checklist lembar pengamatan atau dalam bentuk lain Portofolio  Laporan hasil proses backup dan restore  Bahan Presentasi T es Essay , pilihan ganda 8JP ITE Ver 3.1 Cisco Networking Academy Program.
  1. 17. Kompetensi Dasar Materi Pokok Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar 3.16. Memahami pencarian kesalahan dasar pada komputer 4.16. Menyajikan hasil identifikasi kesalahan dasar pada komputer . Pencarian Kesalahan Dasar pada Komputer  Identifikasi dan informasi penyelesaian terhadap kesalahan  Implementasi penyelesaian masalah  Software diagnose untuk pencarian kesalahan  Dokumentasi penyelesaian masalah Mengamati Mengamati prosedur pencarian kesalahan dasar pada komputer Menanya Mendiskusikan prosedur pencarian kesalahan dasar pada komputer Mengeksplorasi  Mengeksplorasi dan mengidentifikasi kesalahan–kesalahan dasarpada komputer  Mengeksplorasi dengan menggunakan software diagnosapencarian kesalahan ` Mengasosiasi  Membuat kesimpulan tentang prosesdurpencarian kesalahan dasar pada komputer Mengkomunikasikan  Mempresentasikan hasil identifikasi kesalahan-kesalahan dasar pada komputer. T ugas Identifikasi kesalahan- kesalahan dasar pada komputer Observasi Mengamati kegiatan diskusi tentang prosedur pencarian kesalahan dasar pada komputer dengan checklist lembar pengamatan atau dalam bentuk lain Portofolio  Laporan hasil proses identifikasi kesalahan- kesalahan dasar pada komputer.  Bahan Presentasi T es Essay , pilihan ganda 4JP ITE Ver 3.1 Cisco Networking Academy Program.
  1. 18. Kompetensi Dasar Materi Pokok Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar 3.17. Memahami pencarian kesalahan hardware pada komputer 4.17. Menyajikan hasil pencarian kesalahan hardware pada komputer Pencarian Kesalahan Hardware pada Komputer  Pencarian dan penyelesaian kesalahan pada POST dan CMOS/BIOS  Pencarian dan penyelesaian kesalahan pada motherboard,CPU dan RAM  Pencarian dan penyelesaian kesalahan pada video dan soundcard  Pencarian dan penyelesaian kesalahan pada media penyimpan, power supply,kotak pendingin Mengamati Mengamati prosedur pencarian dan penyelesaian kesalahan hardware pada komputer Menanya Mendiskusikan prosedur pencarian dan penyelesaian kesalahan hardware pada komputer Mengeksplorasi Mengeksplorasi dan menerapkan prosedur pencarian serta penyelesaian kesalahan hardware padakomputer ` Mengasosiasi Membuat kesimpulan tentang prosedur pencarian dan penyelesaian kesalahan hardware pada komputer Mengkomunikasikan Mempresentasikan hasil pencarian dan penyelesaian kesalahan hardware pada komputer. T ugas Mencari dan menyelesaikan ragam kesalahan hardware pada komputer Observasi Mengamati kegiatan siswa tentang prosedur pencarian dan penyelesaian kesalahan hardware pada komputer dengan checklist lembar pengamatan atau dalam bentuk lain Portofolio  Laporan hasil pencarian dan penyelesaian kesalahan hardware pada komputer.  Bahan Presentasi T es Essay , pilihan ganda 8JP ITE Ver 3.1 Cisco Networking Academy Program. 3.18. Memahami pencarian kesalahan peralatan periferal pada komputer Pencarian Kesalahan Periferal pada Komputer  Pencarian dan penyelesaian Mengamati Mengamati prosedur pencarian dan penyelesaian kesalahan periperal pada T ugas Mencari dan menyelesaikan ragam kesalahan periperal 8JP ITE Ver 3.1 Cisco Networking Academy Program.
  1. 19. Kompetensi Dasar Materi Pokok Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar 4.18. Menyajikan hasil pencarian kesalahan peralatan periferal pada komputer kesalahan pada perangkat input dan output  Pencarian dan penyelesaian kesalahan pada perangkat SCSI dan NIC komputer Menanya Mendiskusikan prosedur pencarian dan penyelesaian kesalahan periperal pada komputer Mengeksplorasi Mengeksplorasi dan menerapkan prosedur pencarian serta penyelesaian kesalahan periperal pada komputer ` Mengasosiasi Membuat kesimpulan tentang prosedur pencarian dan penyelesaian kesalahan periperal pada komputer Mengkomunikasikan Mempresentasikan hasil pencarian dan penyelesaian kesalahan periperal pada komputer. pada komputer Observasi Mengamati kegiatan siswa tentang prosedur pencarian dan penyelesaian kesalahan periperal pada komputer dengan checklist lembar pengamatan atau dalam bentuk lain Portofolio  Laporan hasil pencarian dan penyelesaian kesalahan periperal pada komputer.  Bahan Presentasi T es Essay , pilihan ganda 3.19. Memahami interkoneksi antar komputer 4.19. Menyajikan hasil interkoneksi antar komputer Interkoneksi Antar Komputer  Peralatan interkoneksi antar komputer  Pengaturan alamat Mengamati Mengamati prosedur interkoneksi atau ketersambungan antar komputer Menanya Mendiskusikan prosedur interkoneksi T ugas Mengkomunikasikan komputer dan menguji ketersambungan antar komputer 4JP ITE Ver 3.1 Cisco Networking Academy Program.
  1. 20. Kompetensi Dasar Materi Pokok Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar komputer dan uji coba interkoneksi antar komputer atau ketersambungan antar komputer Mengeksplorasi Mengeksplorasi dan menerapkan prosedur ketersambungan atau interkoneksi antar komputer ` Mengasosiasi Membuat kesimpulan tentang prosedur interkoneksi antar komputer Mengkomunikasikan Mempresentasikan hasil interkoneksi antar komputer. Observasi Mengamati kegiatan siswa tentang prosedur interkoneksi antar komputer dengan checklist lembar pengamatan atau dalam bentuk lain Portofolio  Laporan hasil interkoneksi antar komputer  Bahan Presentasi T es Essay , pilihan ganda 3.20. Memahami prosedur perawatan komputer secara berkala 4.20. Menyajikan hasil perawatan komputer secara berkala Prosedur Perawatan Komputer Berkala  Perawatan hardware dan software  Pembuatan jadwal perawatan Mengamati Mengamati prosedur perawatan hardware dan softwarekomputersecara berkala Menanya Mendiskusikan prosedur perawatan hardware dan softwarekomputersecara berkala Mengeksplorasi T ugas Membuat penjadwalan, perawatan hardware dan software komputer secara berkala Observasi Mengamati kegiatan siswa tentang prosedur perawatan hardware dan software 8JP ITE Ver 3.1 Cisco Networking Academy Program.
  1. 21. Kompetensi Dasar Materi Pokok Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar Mengeksplorasi dan menerapkan prosedur perawatan hardwaredan software komputer secara berkala Mengasosiasi Membuat kesimpulan tentang prosedur perawatan hardware dan software komputer secara berkala Mengkomunikasikan Mempresentasikan hasil perawatan hardware dan softwarekomputersecara berkala komputer secara berkala dengan checklist lembar pengamatan atau dalam bentuk lain Portofolio  Laporan hasil perawatan hardware dan software secara berkala  Bahan Presentasi T es Essay , pilihan ganda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar